Menjamah Bendungan Nipah yang bersejarah


Nipah merupakan salah satu bendungan yang berada di Madura, tepatnya di Kabupaten Sampang, pada 19 Maret 2016 di remikan oleh Presiden RI yaitu Jokowi, sebenarnya pembangunan Bendungan ini dimulai tahun 1973 tapi masih terbengkalai di akibatkan oleh Pembebasan lahan dimulai pada tahun 1982, tetapi pembangunan tersebut terhenti pada tahun 1993. Setelah lama terhenti akhirnya pengerjaan Bendungan dimulai lagi pada 2008.

Itulah sedikit sejarah Bendungan Nipah yang di resmikan oleh orang no satu di negeri ini, Bendungan Nipah terletak di Kecamatan Banyuates Sampang, selain Bendungan Nipah di Sampang sebenarnya ada Bendungan Klampis yang terletak di Kecamatan Kedundung. Yang besarnya hampir sama dengan Bendungan Nipah.

Sabtu itu kebetulan waktu lowong menjadi salah satu kesempatan bagi saya dan teman karib semasa SMK untuk menikamati pandangan indah yang berada di Bendungan Nipah, pandangan tersebut di imbangi dengan bukit yang menanjak sehingga menambah keindahan apabila kita naik ke salah satu bukit tersebut dan melihat kearah timur maka anda akan menemukan pamandangan indah dari pepohon hijau dan bebatuan yang membentang di area Bendungan.

Bendungan Nipah jauh dari kota, suasana sejuk langsung terasa saat memasuki area waduk, banyak pepohonan dan ngga ada polusi udara begitu sejuk nan indah, di padu dengan suara air yang menciptakan harmoni tersendiri. begitulah suasana waduk di sampang.

Akan tetapi banyak tangan jahil yang mencederai keindahan alam yang berada di bendungan, banyak sekali coretan yang ada di beberapa dinding bukit ataupun tembok, seharusnya kita menjaga bersama sebagai aset bangsa dan penggerak ekonomi di bidang pertanian maupun wisata masyarakat .

Dengan adanya Bendungan ini di harapkan masyarakat untuk menggunakan dengan baik, dan bendungan ini di proyeksikan oleh Jokowi untuk mengantispasi musim kemarau yang melanda daerah Kabupaten Samapng dan bisa di manfaatkan untuk pertanian untuk masyarakat sekitar pada saat musim kemarau.












1 komentar:

  1. Adorei a idéia, já havia visitado a loja aqui pelo site gay1 e com certeza já sei aonde fazer minhas prmi³xÃas compras, amei as cuecas e blusas então aff....

    BalasHapus

Follow me @AhmadSayadi_