Keunikan Tanean Lanjhang Ciri Khas Suku Madura




Keunikan budaya Madura tak hanya terletak dari tradisi, bahasa namun juga rumah adatnya, masyarakat Madura adalah suku yang sangat menjunjung tinggi tali persaudaraan, bisa dibuktikan dengan adanya rumah adat yang masih dirawat rapi di berbagai penjuru madura, terdapat sebuah bangunan tersusun dari kayu dengan beberapa atap rumah bersatu dalam satu halaman (satu pagar) dan hiduplah didalamnya beberapa kepala keluarga disana.

Tanean lanjheng  yang biasa disebut, memiliki  rumah utama  atau Tonghuh  adalah rumah yang menjadi cikal bakal atau leluhur suatu keluarga disana biasanya ditandai dengan adanya patung jengger ayam diatapnya rumah induk sering disebut dihuni oleh orang tertua dalam kelompok tersebut atau dipanggil kepala somah, ibaratkan sebuah pemerintahan kepala somah adalah raja yang menguasai kebijakan keluarga terutama dalam masalah perkawinan

Rumah khas madura ini  merupakan  keanekaragaman  budaya yang masih dilestarikan masyarakat meskipun saat ini tanean lanjheng sangat sulit untuk dijumpai terlebih di daerah perkotaan,  karena keberadaannya sudah digantikan oleh  pembangunan gedung bermaterial batako  yang dinilai lebih ekonomis dan tahan lama dari pada membangun rumah dari kayu dan beratapkan jerami, bahkan tidak sedikit orang gengsi dengan keberadaan rumah panjang ini karena banyak pihak menyebutkan bahwa bentuknya yang kolot terkesan tempat orang tidak mampu.

Letak tanean lanjeng ini sangat dekat dengan rumah yang lain hanya dibatasi  tanaman hidup atau peninggian tanah tabunan sehingga masing-masing kelompok menjadi erpisah lahan garapannya didalam kebudayaan bangunan ini sangatlah menarik jika melihat posisi berjejer memanjang sebanyak 2 sampai 10 rumah dan dihuni oleh satu keluarga mulai dari orang tua, cucu, cicit dan seterusnya.

Alasan mengapa rumah ini berada dalam satu pagar adalah agar tetap mempertahankan silaturahmi kekerabatan, adapun keberadaan arah rumah panjang ini tidak asal membangun konon sebelum membangun harus dilihat dulu arah yang cocok untuk membangun rumahnya, karena kepercayaan mereka arah rumah pun juga menentukan rezeki dan kelanggenan si penghuni rumah  adapun di tanean lanjang arah menentukan usia tua atau muda, biasanya usia yang lebih tua berada disebelah barat sedangkan para anak muda berada di ujung timur (roma temor).

Tak hanya itu keunikan yang dimiliki rumah mirip joglo ini atap bangunan juga mengisahkan bahwa yang tinggal di dalamnya adalah membedakan misalnya laki-laki dan perempuan , biasanya atap untuk laki-laki berbentuk menyerupai tanduk, sedangkan untuk perempuannya berbentuk cungkup biasa. Mencerminkan kombinasi antara uksorilokal dan matrilokal artinya anak perempuan yang menikah tetap tinggal di pekarangan orang tuanya sementara anak laki-laki yang sudah menikah pindah kepekarangan istri atau mertuanya.

Dulu orang yang membangun tanean lanjhang haruslah mampu dari segi ekonomi karena jika ditinjau dalam satu desa rumah adat ini hanya dapat ditemui beberapa saja, memperhatikan permukiman formasi dasar pembentukan pola tanian lanjhang  sangat jells bahwa ideolohi keluarga madura anak perempuan memperoleh perhatian dan proteksi secara khusus, ahkan secara kultur setiap orang tua harus membuatkan rumah bagi anak perempuannya.

Begitu indah keaneragaman yang dimiliki suku bangsa diindonesia khususnya Madura bahkan setiap item memiliki filosofis dan sejarah yang menakjubkan jika dibahas dari segi kebudayaan, kekayaan budaya dan seni ini haruslah tetap lestari agar tidak di musiumkan atau hanya menjadi kenangan dan sejarah dalam perkembangan zaman dengan pengaruh moderenisasi dan mulai disingkirkan oleh keindahan dan kemegahan gedung bertingkat pencakar langit.

2 komentar:

  1. This is a message to the admin. I came to your Keunikan Tanean Lanjhang Ciri Khas Suku Madura | Ahmad Sayadi page by searching on Google but it was difficult to find as you were not on the first page of search results. I know you could have more traffic to your site. I have found a website which offers to dramatically increase your rankings and traffic to your website: http://nt4.pl/u/84} I managed to get close to 500 visitors/day using their service, you can also get many more targeted traffic from search engines than you have now. Their services brought significantly more traffic to my website. I hope this helps!

    BalasHapus
  2. I was just looking at your Keunikan Tanean Lanjhang Ciri Khas Suku Madura | Ahmad Sayadi website and see that your site has the potential to get a lot of visitors. I just want to tell you, In case you didn't already know... There is a website network which already has more than 16 million users, and the majority of the users are looking for topics like yours. By getting your site on this network you have a chance to get your site more visitors than you can imagine. It is free to sign up and you can find out more about it here: http://smpros.tk/q - Now, let me ask you... Do you need your site to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your site? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your site on the network I am talking about. This traffic service advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the service before paying anything at all. All the popular websites are using this service to boost their traffic and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That's how running a successful website works... Here's to your success! Read more here: http://rhr.online/39ioc

    BalasHapus

Follow me @AhmadSayadi_